Ecotourism/Ekowisata merupakan suatu kegiatan perjalanan seorang wisatawan ke daerah terpencil dengan tujuan untuk menikmati dan mempelajari alam, sejarah dan budaya di suatu daerah, di mana pola wisatanya membantu perekonomian masyarakat lokal dan mendukung pelestarian alam. Desa Sukabaru adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, hal ini dikarenakan desa ini merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Taman Wisata Alam (TWA) Seblat yang merupakan habitat asli bagi satwa liar yang salah satunya seperti Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus).

1seblat

Pengembangan model ekowisata berbasis masyarakat di Desa Sukabaru melalui program Trofical Forest Conservation Action (TFCA) For Sumatera oleh Konsorsium Ulayat diyakini merupakan solusi yang paling tepat, hal ini di kerenakan praktik yang dilaksanakan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dan berkontribusi terhadap pengamanan kawasan. Saat ini di Desa Sukabaru telah terbentuk sebuah forum ekowisata yang terdiri dari Pemerintahan Desa, Kelompok Pemuda (Karang Taruna), dan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KSM). Forum ini lah yang menjadi pelaku utama pengelola ekowisata di Desa Sukabaru.

2seblat

Paket ekowisata seblat yang di tawarkan bagi wisatawan yang berkunjung berbentuk wisata petualangan, seperti jelajah hutan menyusuri rimba yang kondisi tutupan hutan masih alami sehingga banyak sekali ditemukannya flora dan fauna yang jarang sekali ditemukan di tempat lain. Konsep jelajah hutan juga menawarkan berbagai variasi ada yang melakukan jelajah dengan berjalan kaki dan ada menggunakan Gajah sebagai transportasi untuk melakuan pertualangan.

3seblat

Selain jelajah hutan wisatawan juga bisa menikmati petualangan susur sungai. Pertualangan ini juga sangat menarik untuk dilakukan, menyusuri sungai yang jernih dengan menggunakan perahu ketek/Ban sembari menikmati pemandangan asri yang disajikan di sepanjang perjalanan.

4seblat

Masih banyak lagi kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti berinteraksi dengan gajah sumatera, memberi makan, memandikan dan foto bersama dengan gajah-gajah yang telah terlatih. Sedangkan untuk para penggiat alam bebas, ekowisata seblat juga telah menyediakan lokasi camping ground yang tentu saja lokasi ini juga menawarkan keindahan alam yang begitu menarik.

Dari setiap paket wisata yang ditawarkan, para wisatawan juga dapat berkontribusi langsung terhadap pelestarian alam dengan cara melakukan penanaman pohon. Wisatawan melakukan penanaman pohon secara langsung dengan bibit yang telah disediakan dari kebun bibit masyarakat yang telah dikelola secara swadaya oleh masyakat sebagai bentuk usaha mendukung eksistensi kawasan.

Bagi wisatawan yang berkunjung untuk beberapa hari atau lebih dari satu hari, forum ekowisata Desa Sukabaru saat ini telah menyiapkan empat buah home stay sebagai akomodasi penginapan. Konsep home stay ini dipilih agar wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal sehingga wisatawan benar–benar mengetahui dan merasakan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

5seblat

Setelah melakukan serangkaian paket wisata, wisatawan dapat membawa berbagai suvenir  berupa kerajinan masyarakat dengan harga yang terjangkau yang bisa menjadi oleh-oleh selepas berwisata di Ekowisata Seblat. Jadi tunggu apa lagi, ayoo ke Seblat @AMX

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.