Bencana alam atau bencana yang disebabkan oleh perbuatan manusia bisa menyerang setiap saat. Secara umum, respon umum untuk bencana dalam hal bantuan dan penyelamatan operasi – setelah kejadian bencana. Namun, jika kita cukup siap, mungkin dapat mengurangi dampak bencana. Dampaknya dapat dikurangi melalui pemahaman yang baik tentang tindakan preventif, serta memiliki pengetahuan tertentu untuk bertahan hidup, persiapan alat dan teknik, untuk digunakan pada saat terjadi bencana serta dapat mengontrol kerusakan total kehidupan dan barang-barang.

Masalah terbesar dengan bencana adalah tiba-tiba dan kehancuran datang dengan cepat. Oleh karena itu, dalam rangka untuk mengurangi keparahan bencana respon juga harus sama-sama cepat.  Hampir semua dari kita dapat melihat beberapa bencana yang telah terjadi pada masa lalu. Gempa bumi , Tsunami, Gunung Berapi, kebakaran hutan , kegiatan teroris, banjir bandang dll adalah beberapa bencana lebih umum ditemui.

Ulayat sebagai sebuah organisasi sosial berkepentingan untuk melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya dampak besar dari bencana, sedapat mungkin meminimalisir resiko bencana. beberapa upaya terpadu yang kami lakukan dalam hal ini adalah:

1. Melakukan inventarisir wilayah-wilayah yang dianggap rawan terjadinya bencana 2. Melakukan sosialisi dan penyadar-tauan melalui media (iklan tv) di Bengkulu TV, 3. Melakukan rehabilitasi hutan(rawan lonsor, sepadan sungai, penanaman manggrove, dan penghijauan kawasan-kawasan hutan yang dianggap kritis),  3. Mempersiap wadah relawan dalam misi tanggap darurat (green cross brigade) dll

Pencegahan adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk menghilangkan sama sekali atau mengurangi secara drastis akibat dari ancaman melalui pengendalian dan pengubahsuaian fisik dan lingkungan. Tindakan-tindakan ini bertujuan untuk menekan penyebab ancaman dengan cara mengurangi tekanan, mengatur dan menyebarkan energi atau material ke wilayah yang lebih luas atau melalui waktu yang lebih panjang.

Mitigasi adalah tindakan-tindakan yang memfokuskan perhatian pada pengurangan dampak dari ancaman sehingga dengan demikian mengurangi kemungkinan dampak negatif kejadian bencana terhadap kehidupan dengan cara-cara alternatif yang lebih dapat diterima secara ekologi.

Kesiapan respons kedaruratan bencana adalah perkiraan tentang kebutuhan yang akan timbul kalau terjadi kedaruratan bencana dan pengenalpastian sumber-sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Penanggulangan adalah tindakan yang dilakukan seketika sebelum dan atau setelah terjadinya kejadian bencana. Tindakan-tindakan pada fase ini termasuk pengenalpastian lokasi terjadinya peristiwa bencana, pengkajian cepat terhadap kerusakan dan sumberdaya yang tersedia untuk menentukan dengan cepat kebutuhan yang segera harus dipenuhi.

Pemulihan adalah tindakan-tindakan yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan kembali apa yang hilang dan membangun kembali kehidupan, serta mendapatkan kembali kesempatan-kesempatan untuk membangun kembali masa depan yang lebih baik.