Daerah Aliran Sungai (DAS) Air Bengkulu seluas 51.000 ha terletak di dua kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah di hulu dan bermuara di Kota Bengkulu. DAS Air Bengkulu dibagi menjadi 3 Sub DAS yaitu; 1) sub DAS Rindu Hati seluas 19.207 ha; 2) Sub DAS Susup seluas 9.890 Ha; dan 3) Sub DAS Bengkulu Hilir dengan luas 22.402 ha. DAS Air Bengkulu berbatasan dengan DAS Tanjung Aur dan DAS Babat di sebelah timur; Samudera Indonesia di sebelah selatan; DAS Air Hitam dan DAS Air Lemau di sebelah barat; dan di sebelah utara berbatasan dengan DAS Musi.

peta lokasi program das ulayatDAS ini memiliki nilai konservasi yang sangat penting khususnya sebagai penyangga kehidupan masyarakat di ibukota propinsi Bengkulu. Kondisi ekositem DAS Air Bengkulu saat ini mengalami degradasi akibat dari belm adanya konsep pengelolaan yang baik dan terpadu. Hulu DAS Air Bengkulu sebagai wilayah tangkapan air tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Konversi hutan menjadi pertanian dan perkebunan, praktik penebangan kayu ilegal di hutan lindung dan cagar alam, serta pola pertanian yang tidak konservasitif adalah alasan-alasan utama meningkatnya erosi, sedimentasi dan fluktuasi debit sungai.

Intensitas sedimentasi juga diperparah oleh eksploitasi tambang batubara di dua lokasi di hulu DAS Air Bengkulu. Degradasi ekosistem DAS Air Bengkulu juga terlihat dari menurunnya kualitas air sungai. Sungai Air Bengkulu kebanyakan dicemari oleh limbah industri dan tambang batubara.

Untuk informasi lainnya mengenai DAR Air Bengkulu dapat dilihat pada web ini atau beberapa publikasi yang kami terbitkan, Ada juga buku mengenai kondisi DAS Air Bengkulu yang dapat di download pada ling berikut: Buku permasalahan-pengelolaan-DAS-Air-Bengkulu.