Pada tanggal 31 Desember 1999 sebelas tahun yang lalu, dideklarasikannya Yayasan Ulayat Bengkulu, kemudian disebut dengan Ulayat, yang pendiriannya dinotariskan pada tanggal 26 Januari 2000 di dihadapan notaris Meilani Lyman No. 27, Ulayat resmi berbadan hukum yayasan. Sebelum berubah bentuk dan nama pada Juli 1997, lembaga ini awalnya bernama WORKER yaitu Wadah Organisasi Konservasi yang tujun pembentukannya adalah sebagai simpul gerakan organisasi konservasi dan Kelompok Pencinta Alam (KPA) di Propinsi Bengkulu.

Ulayat merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dan berkonsentrasi dalam kegiatan pengorganisasian masyarakat, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, advokasi lingkungan, penyadartahuan masyarakat mengenai issu-issu lingkungan, tanggap bencana dan mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang berpihak pada lingkungan ditatanan pemerintahan dan lembaga legislasi, baik di ditingkat propinsi maupun di tingkat Nasional.

Wilayah kerja Ulayat mencakup seluruh Propinsi Bengkulu yang secara struktural dibagi menjadi empat (4) wilayah kerja yaitu:

  1. Wilayah Tengah meliputi Kota Madya Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah
  2. Wilayah Utara meliputi Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabuaten Mukomuko
  3. Wilayah Selatan meliputi Kabupaten Seluma, Kabupaten Manna, dan Kabupaten Kaur, dan
  4. Wilayah Lebong meliputi Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahyang.

Tujuan dari semua aktivitas yang dilakukan Ulayat adalah agar terciptanya komunitas di dan sekitar kawasan hutan yang kuat dalam pengelolaan sumber daya alam yang demokratis dan lestari, serta terciptanya kemandirian ekonomi, kedaulatan politik dan kebermartabatan budaya, yang dituangkan dalam Gari-garis Besar Haluan Program Kerja (GBHPK) Ulayat.

Selain hal tersebut diatas Ulayat dalam menjalankan visinya membangun unit-unit usaha dalam membantu kerja-kerja yaitu PT Bengkulu Televisi (BTv) dan percetakan sebagai media kampanye dan media awareness, membangun Koperasi Komunitas ditingkatan komunitas dampingan, dan unit-unit usaha lain untuk menunjang semua aktivitas-aktivitas kerja Ulayat dalam lingkup pengabdian pada masyarakat.